Kista Ovarium Fungsional

Post On: 25 November 2014
By:
November 25, 2014

Kista Ovarium Fungsional – Indung telur merupakan rongga yang isinya cairan yang ada di dalam jaringan ovarium. Kista ovarium fungsional terjadi karena terbentuk setelah telur dilepaskan sewaktu ovulasi terjadi. Kista ovarium fungsional ini kemudian akan mengkerut dan menyusut setelah dalam waktu beberapa bulan setelah 1-3 bulan, hingga biasanya dokter yang menduga dari adanya bentuk kista ini dianjurkan penderita untuk melakukan control 3 bulan selanjutnya. Selama untuk menunggu kabar tersebut, kemudian dokter akan menganjurkan minum pil KB agar ovulasi tidak terjadi. Masalah kista ovarium fungsional ini tidak akan terbentuk ketika seorang perempuan sudah mengalami masa menopause. Pemeriksaan sonogram dilakukan untuk meyakinkan wanita mengalami masalah kista ovarium fungsional atau tidak.

kista ovarium fungsional

 

Dalam melakukan diagnosa kista ovarium fungsional ini dilakukan dengan pemeriksaan sonogram. Pemeriksaan sonogram ini dilakukan dengan menggunakan bunyi untuk melihat suatu gambara dari organ tubuh. Dari pemeriksaan jenis ini maka bisa dilakukan dengan melalui dinding perut atau juga bisa dengan dimasukkan melalui vagina dan kemudian memerlukan waktu sekitar 30 menit, dan bisa diketahui ukuran dan juga bentuk kista ovarium fungsionalnya.

Cara pemeriksaan kista ovarium fungsional lainnya adalah dengan menggunakan sonogram, kadang juga dengan melakukan pemeriksaan protein yang ada di dalam darah yang biasanya disebut dengan CA-125. Dan jika dokter mencurigai dari terjadinya suatu proses perubahan dari suatu keganasan yang terjadi pada jaringan kista. Namun, kadar CA-125 juga bisa meningkat pada perempuan usia masa subur, meskipun tidak adanya suatu proses keganasan. Namun, tahap pemeriksaan CA-125 ini biasanya dilakukan pada wanita yang mempunyai resiko terjadi suatu proses keganasan.

Biasanya massa yang sering ditemukan pada rongga panggul jika ditemukan penyakit kista pada wanita yang belum mengalami menstruasi, 50% pertanda dari suatu pertumbuhan kearah suatu keganasan atau penyakit kanker. Jika penyakit kista ditemukan pada wanita yang sudah mengalami menopause ini biasanya sering mengarah kepada keganasan. Keganasan dari kista ini kemudian bisa berubah menjadi masalah kanker.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai kista ovarium fungsional. Semoga bermanfaat.

 

Tags: , ,

Related to Kista Ovarium Fungsional