Jenis-jenis Kista Ovarium yang Perlu Diwaspadai Kaum Wanita

Post On: 26 November 2014
By:
November 26, 2014

Pengetahuan mengenai jenis-jenis kista ovarium yang bisa mempengaruhi kesuburan perlu diketahui kaum wanita. Lebih baik lagi jika pengetahuan ini sudah disampaikan sejak usia remaja. Tujuannya tak lain agar kaum wanita sedini mungkin menyadari bahaya dan gejala beragam kista ovarium.

jenis-jenis-kista-ovarium

Kista Ovarium yang Berpengaruh Terhadap Kesuburan

Kaum wanita yang sudah menikah namun tak kunjung dikaruniai keturunan sebaiknya memeriksakan dirinya untuk mengetahui kesehatan organ-organ reproduksinya. Sebab banyak kaum wanita yang saat ini terkena kista ovarium dan terlambat menyadarinya. Nah, berikut ini dua jenis kista ovarium yang perlu diwaspadai sebab bisa menghambat kesuburan kaum wanita.

  • Kista endometriosis

Kista endometriosis sering juga disebut sebagai kista coklat. Bukan tanpa alasan kista yang satu ini disebut kista coklat. Disebut demikian karena kista ini berisi darah yang sangat kental dan berwarna kecoklatan. Keadaan ini terjadi karena jaringan endometrium yang mengalami pertumbuhan tidak semestinya. Jaringan endometrium ini tumbuh ke luar rahim dan secara perlahan semakin membesar.

Jika kista coklat sudah cukup besar, maka tindakan pengangkatan kista melalui operasi perlu dilakukan. Kista coklat ini umumnya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian kiri atau pun di bagian kanan perut, menstruasi yang berlangsung selama lebih dari tujuh hari, munculnya bercak kecoklatan sebelum menstruasi, dan rasa sakit saat berhubungan intim.

  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Berbeda dengan kista endometriosis, keadaan yang disebut PCOS terjadi jika indung telur mempunyai duabelas folikel atau lebih banyak lagi. Folikel ini tak lain adalah calon sel telur. Setiap kaum wanita umumnya memiliki jutaan folikel. Sesudah menstruasi berakhir, maka folikel-folikel ini akan membesar. Namun hanya satu folikel yang benar-benar menjadi matang dan siap dibuahi. Folikel yang sudah matang ini memiliki ukuran yang besar yakni sekitar 18 mm hingga 25 mm.

Pada seorang wanita yang terkena PCOS, folikel ini tidak bisa membesar secara maksimal. Folikel hanya mampu bertumbuh hingga mencapai ukuran 5 mm sampai dengan 7 mm. Selain ukurannya yang kecil, folikel-folikel ini juga tak kunjung matang. Keadaan ini tentunya menghambat terjadinya kehamilan.

Kista Ovarium yang Tidak Berpengaruh Terhadap Kesuburan

Selain kista endometriosis dan PCOS, masih ada beberapa jenis kista lainnya yang bisa menyerang ovarium. Namun kista-kista ini tidak mempengaruhi kesuburan selama kista ini tidak mengalami pembesaran. Berikut ini jenis-jenis kista ovarium yang tidak mempengaruhi kesuburan.

  • Kista fungsional

Hampir semua wanita memiliki kista ini sehabis menstruasi. Ukuran kista ini cukup kecil sehingga tidak mengganggu yakni kurang dari 5 cm. Tanpa melalui pengobatan pun kista ini bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 bulan hingga 3 bulan. Kebanyakan kaum wanita tidak menyadari adanya kista ini.

  • Kista dermoid

Kista ini juga tidak mengganggu jika masih dalam ukuran yang kecil. Kista ini berisi sisa-sisa kulit, rambut, tulang atau gigi yang merupakan bawaan manusia sejak lahir. Kista ini berbahaya jika ukurannya membesar dan pecah di dalam perut.

  • Cystadenoma

Jenis kista yang satu ini terbentuk dari jaringan-jaringan yang terdapat di indung telur. Kista ini biasanya berisi semacam lendir. Kista ini tidak mengganggu kesuburan namun tetap perlu diamati perkembangannya terutama jika semakin membesar.

Terapi Kista dengan Ramuan Herbal

Untuk anda yang sudah terdeteksi ada gejala kista, Anda bisa mencoba terapi dengan ramuan herbal Ladyfem rekomendasi Boyke. Sudah ada banyak kesaksian dari pengidap kista yang sembuh setelah diterapi dengan Ladyfem. Ladyfem terbuat dari ramuan herbal alami dan sudah lulus sertifikasi dari Badan POM. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba penyembuhan kista dengan Ladyfem. Kita sebagai manusia harus terus berusaha mencoba berbagai alternatif pengobatan, selebihnya serahkan kepada Tuhan YME.

Nah, itulah jenis-jenis kista ovarium yang perlu diketahui oleh kaum wanita. Untuk mewaspadai kista-kista ini alangkah baiknya kaum wanita melakukan pemeriksaan organ reproduksi paling tidak satu tahun sekali agar bila terdapat gangguan bisa diketahui sejak dini.

 

Tags: , , ,

Related to Jenis-jenis Kista Ovarium yang Perlu Diwaspadai Kaum Wanita